Breaking News

Gempa Aceh Beberapa Hari Lalu Hampir Sama Dampaknya Dengan di Yogya

Gempa Aceh beberapa hari yang lalu memiliki dampak guncangan yang cukup dahsyat. Gempa yang terjadi di Kabupaten Bener Meriah tersebut mengakibatkan ribuan rumah rusak, puluhan tewas, dan ratusan warga mengalami luka-luka.

Hery Harjono, seorang Profesor Riset di Puslit Geoteknologi LIPI Bandung menyatakan dampak kerusakan Gempa Aceh tersebut sangat luas karena terjadi di pusat yang dangkal, yaitu 10 KM. Selain itu, ada faktor-faktor lain yang mengakibatkan gempa ini menyebabkan banyak korban.

Lokasi Gempa Aceh

Sumber gempa Aceh seperti halnya gempa Yogya berasal dari patahan


"Sumber gempa Aceh seperti halnya gempa Yogya berasal dari patahan (yang bergerak): Gempa Yogya sumbernya di patahan Opak," kata Hery. Lebih lanjut Hery memperkirakan, gempa Aceh diakibatkan oleh pergerakan pada salah satu cabang patahan Sumatera segmen Aceh.

Dampak kerusakan bangunan seperti diakibatkan struktur tanah dan bangunan di Aceh yang kemungkinan kurang kuat. "Boleh jadi daerah yang rusak parah selain dekat dengan sumber gempa juga berada pada endapan lunak seperti halnya di Bantul," sambungnya.

Gempa yang terjadi di Aceh beberapa hari lalu hampir sama dampaknya dengan di Yogya. Magnitudo dan kedalaman tidak jauh berbeda.

"Pada saat itu, Kabupaten Bantul luluh lantak. Ini diakibatkan sebagian Kabupaten Bantul terletak di atas endapan secara geologis tergolong lunak," ujarnya.